Langsung ke konten utama

Ini Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu


Hati-hati membeli batu akik. Bila tak paham membedakan yang asli dengan palsu, banyak konsumen tertipu. Menurut Geolog yang merupakan ahli batu mulia, Sujatmiko, banyak konsumen awam yang tertipu saat membeli batu akik. Ada konsumen yang telah membeli batu seharga puluha juta rupiah, ternyata setelah diperiksa terbuat dari kaca.

Bentuk yang terlalu sempurna, justru semestinya diwaspadai oleh pembeli. "Kalau terlalu sempurna jangan percaya. Kalau warnanya terlalu bagus, didalamnya tidak ada cacat, itu harus curiga," kata Sujatmiko. Satu-satunya cara memastikan kualitas batu akik hanya dengan memeriksakannya ke ahlinya untuk mendapatkan sertifikasi. Dia justru tidak setuju jika ada standarisasi untuk batu mulia.

Dia beralasan, hanya batu mulia seperti Diamond yang bisa dilakukan standarisasi. Batu mulia jenis lainnya, misal Safir, terhitung sulit menentukan standarnya. Sementara harga batu akik yang diperjualbelikan hingga menembus miliaran, itu hanya gara-gara alasan suka dan tidak suka.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta pengrajin batu akik agar membuatkan sertifikat batu akik. "Tidak sedikit di lapangan ada penipuan, konsumen tidak tahu batu akik standarnya seperti apa," kata gubernur yang disapa Aher itu di Bandung, Sabtu, 14 Maret 2015.

Cara Menguji

Sebuah batu disebut mulia atau gemstones karena kandungan mineralnya langka dan biasanya dijadikan batu permata oleh kebudayaan tertentu. Yang termasuk batu mulia adalah safir, ruby, emerald atau zamrud, serta alexandrite color change dan red eye.

Jenis batuan lainnya adalah semiprecious. Batu akik dengan unsur mineral silikon dioksida ada dalam kelompok ini. Silikon dioksida bisa ditemukan di mana saja di semua lapisan bumi. Tapi yang membuat sebuah batu itu istimewa adalah ketika “kawin” dengan unsur mineral lain.

Batu bacan, misalnya, memiliki percampuran silikon dioksida dengan chrysocolla dan kalsedon dan hanya ditemukan di Indonesia, Amerika, dan Peru. Batu lain yang termasuk semiprecious antara lain topaz, garnet, dan scapolite. Berikut ini tahapan identifikasi sebuah batu di laboratorium gemologi:

1. Pengecekan Refraction Index (RI) menggunakan refractometer. Semakin tinggi RI, semakin besar pula kejernihan dan kilauan sebuah batu.

2. Tes Specific Gravity atau SG. Ini diperlukan untuk mengukur berat kandungan mineral pada sebuah batu. Satu batu bisa mengandung banyak mineral, seperti quartz yang terdiri atas mineral silikon dioksida atau aluminium oksida yang mengkristal dan membentuk corundum.

3. Memastikan melalui mikroskop tentang jenis atau nama batu, dimensi, bentuk, pemotongan, asal negara, dan treatment yang sudah dialami batu.

4. Semua hasil identifikasi dicantumkan dalam sertifikat atau ID card.

Postingan populer dari blog ini

Kecubung Rambut Emas Dengan Segudang Manfaat

Batu mulia koleksi yang satu ini sangat unik karena batu kecubung Rambut emas, dari namanya semua orang sudah tahu bahwa batu dengan jenis kecubung ini memiliki serat-serat rambut emas asli yang ada didalamnya.  Batu ini memiliki kandungan emas asli 100% dan bukan sintetis atau plastik. Batu kecubung dengan rambut emas ini memiliki suatu karisma tersendiri di kalangan masyarakat terutama buat para kolektor dan penggemar batu cincin permata akik. Warnanya yang bening layaknya kaca ini bagian dalam dari batu ini terdapat serat yang melintang apabila di teliti dan di cermati akan tampak dalam batu tersebut terdapat serat rambut emas yang bergerombolan. Serat emas yang terdapat dalam kecubung Rambut emas ini nampak bersusun seperti seperti rambut emas yang bermotif unik atau seperti tumpukan jarum emas. Dan batu kecubung dengan rambut emas ini memiliki kegunaan serta manfaat yang sangat banyak. Dan manfaat dari batu kecubung dengan rambut emas ini antara lain adalah sebagai

Harga Dan Khasiat Dari Batu Pasir Intan

Batu Pasir Intan bagi anda para pecinta batu mulia atau batu akik tentu sudah tidak asing lagi dengan batuan jenis pasir intan ini. Batu ini memiliki ciri pada bagian batunya partikel-partikel susunan batu ini mirip butiran-butiran pasir, sehingga batu ini dinamakan batu pasir intan. Batu ini akan memancarkan sinar blink-blink jika dilihat dari sudut yang berbeda.  Batu pasir intan bentuknya mirip dengan batu pasir emas. Hanya bedanya, jika batu pasir emas di dalamnya mirip seperti ada taburan butiran-butiran emas. Sementara kalau batu pasir intan taburan butiran di dalam batunya mirip intan. Batuan jenis intan pasir ini termasuk jenis batu mulia yang keberadaannya sangat langka. Sehingga wajar jika batu ini harganya agak mahal dan sulit ditemukan. Karena batu pasir intan ini keberadaannya sangat langka, maka tidak heran jika banyak bermunculan batu pasir intan versi imitasi atau tiruan.Maka dari itu kita perlu berhati-hati jangan sampai kita tertipu membeli yang palsu. Supaya

Mengetahui Keistimewaan Batu Serendibite

Bila mendengar kata batu akik mungkin untuk sekarang sudah tidak asing lagi, itu karena sekarang banyak jenis batu akik yang beredar dipasaran dengan berbagai bentuk dan jenis yang berbeda-beda, dan semuanya memiliki nilai ekonomi dan daya tarik tersendiri sehingga wajar bila sekarang banyak orang dari berbagai kalangan menjadi tertarik dengan berbagai jenis batu akik,karena tidak hanya digunakan sebagai cincin tetapi juga sekarang banyak yang dijadikan untuk liontin kalung atau gelang. Tak terkecuali pada batu serendibite.  Ciri khas batu serendibite  Batu mulia serenbite adalah salah satu jenis batu mulia yang langkah didunia, karena hanya dapat ditemukan di 2 negara yaitu Sri Lanka dan Birma, sehingga wajar bila batu jenis tersebut menjadi salah satu batu mulia termahal didunia termasuk di Negara Indonesia, yaitu dibandrol dengan harga sekitar US$2,5 juta atau Rp. 31,2 Miliar per karat. Dengan melihat harga yang ditawarkan sehingga memang tidak semua orang dapat memilikinya